Tempat Liburan Yang Pas di Ciamis Jawa Barat 2021

  • Share

Paslen.com- selamat datang dipaslen.com kaka, kali ini kita akan mengulas tempat liburan yang pas banget di ciamis jawa barat untuk kamu pastinya yang sedang mencari liburan yang pas diciamis. Ciamis adalah sebuah kecamatan di Tanah Pasundan Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini juga merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Ciamis. Karena itu, di kecamatan inilah pusat pemerintahan dan perkantoran berada.

Pokonya kalo kamu ke ciamis jangan pernah meninggalkan kesepmatan kamu untuk liburan, berwisata, bertaveling di ciamis, banyak tempat wisata dan liburan yang pas untuk kamu loh…., kamu bisa liburan sambil mengnal budaya loh

Situ Lengkong Panjalu, Perpaduan Antara Rekreasi dan Wisata Budaya

Wisata budaya yang bisa ditemukan traveler di Situ Lengkong adalah adanya sejarah dari Kerajaan Panjalu yang menjadi cikal bakal kawasan tersebut. Di pulau tengah danau ini juga terdapat makam Hariang Kencana, putra dari Hariang Borosngora. Di tempat ini pula pada saat-saat tertentu diadakan semacam upacara adat bernama Nyangku dimana pada saat itu benda-benda pusaka akan dibersihkan melalui upacara adat. Situ Lengkong sendiri berada di kecamatan Panjalu, kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Ciung Wanara, Situs Peninggalan Kerajaan Galuh

Ciung Wanara merupakan sebuah situs purbakala dan juga arkeologi yang terletak di desa Karangmulyan, kecamatan Cijeungjing, kabupaten Ciamis. Situs yang bercorak Hindu-Budha ini adalah peninggalan dari Kerajaan Galuh. Sangat mudah untuk menjangkau kawasan wisata seluas 25 hektar ini karena posisinya berada di jalan nasional Ciamis-Banjar-Pangandaran atau berjarak sekitar 7 kilometer dari Kota Banjar ke arah selatan. Selain melihat banyak sekali situs peninggalan Kerajaan Galuh, traveler yang berkunjung juga menyempatkan diri untuk berfoto di depan Gong Perdamaian.

Curug Tujuh Cibolang

Air terjun di kampung Nanggela, desa Sandingtaman, kecamatan Panjalu, kabupaten Ciamis ini bernama Curug Cibolang. Namun obyek wisata alam ini juga memiliki julukan lain sebagai Curug Tujuh yang kemudian membuat banyak traveler lebih suka menyebutnya sebagai Curug Tujuh Cibolang. Penamaan ini tidak lepas dari jumlah terjunan air yang jumlahnya tujuh dan berada saling berdekatan.

Curug Tujuh Cibolang berjarak 35 kilometer dari pusat kota Ciamis ke arah utara dan 5 kilometer dari pusat kota kecamatan Panjalu. Ketujuh terjunan air di curug ini pun memiliki namanya masing-masing antara lain Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik dan Curug Cibuluh. Inilah destinasi yang pas untuk traveler kunjungi jika merindukan suasana tenang dengan udara pegunungan yang sejuk.

Baca Juga : Tempat Liburan Yang Pas di Majalengka Tahun 2021

Cukang Taneuh

Tak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika Serikat untuk menikmati keindahan Grand Canyon karena Kabupaten Ciamis memiliki satu objek wisata yang dikenal dengan sebutan Cukang Taneuh atau Green Canyon. Setibanya di Cukang Taneuh, pengunjung akan disambut dengan pemandangan alam yang lengkap dengan jernihnya air sungai serta pepohonan yang rindang.

Pesona alam yang menyerupai Grand Canyon tersebut mampu memanjakan mata setiap wisatawan yang berkunjung. Di sini para wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan seperti menyusuri aliran Sungai Cijulang yang berada di tengah-tengah bukit serta menembus gua. Kegiatan tersebut jelas sangat menantang namun inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Cukang Taneuh ini.

Lokasi: Desa Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Ciamis.

Puncak Bangku Rancah

Kabupaten Ciamis memiliki segudang objek wisata yang patut dikunjungi termasuk diantaranya adalah Puncak Bangku Rancah. Objek wisata ini menyuguhkan udara yang sangat sejuk dan menyatu dengan pesona alam di sekitarnya. Hal ini karena dari Puncak Bangku Rancah, para wisatawan bisa menyaksikan hamparan sawah hijau yang membentang luas serta mampu memanjakan mata.

Suasana khas dataran tinggi ini jelas menjadi pilihan untuk melepas penat bagi sebagian besar warga kota tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Jangan lupa juga untuk mengabadikan pemandangan dari objek wisata yang satu ini. Apalagi saat malam hari di mana pengunjung bisa menyaksikan kerlap-kerlip lampu di Kota Ciamis dari ketinggian.

Lokasi: Situmandala, Kec. Rancah, Kab. Ciamis.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: