Ramadan Sebentar Lagi , Ini Niat Mandi Dan Keramas Biar Mantap Menjalani Ibadah Puasa

Paslen.com – Hai sobat pasleners ramadan sebentar lagi tak terasa tinggal menghitung minggu saja, Sebelum melakukan puasa dianjurkan untuk lakukan dulu keramas puasa Ramadan pastinya teman teman juga sudah pada tahu ya doa dan niatnya, tapi kali ini paslen.com juga akan mengulasnya untuk yang belum tahu dan belum hafal yah teman teman.

Nah, biasanya sehari sebelum puasa, kita disunahkan untuk membersihkan diri dengan mandi keramas. Hal ini bertujuan untuk membersihkan diri dari najis-najis yang menempel di tubuh. Akan tetapi hal yang tidak boleh dilupakan adalah, hal terpenting dalam menyambut bulan suci Ramadhan adalah membersihkan hati. Agar saat menjalani puasa kelak, kita tidak memiliki penyakit hati.

Sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan,Pasleners tentu akan mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk kondisi badan dan perlengkapan ibadah. Namun bagi pasleners yang beragama Islam dianjurkan untuk lakukan keramas puasa Ramadan untuk membersihkan diri najis-najis yang menempel di tubuh. Tujuan dari keramas ini sendiri tak berbeda dari mandi wajib, yakni untuk membersihkan dan menyucikan diri.

Pasleners yang beragama islam tentu sangat bergembira dengan datangnya bulan Ramadan. Maka tidak ada salahnya mengawali kegembiraan ini dengan bacaan-bacaan doa, membaca kalimat-kalimat amalam, memperbanyak dzikir, dan bisa juga mengawalinya dengan membaca niat doa keramas puasa Ramadan ini.

Iniliah Doa dan Niat Mandi dan Keramas saat Ramadan Tiba

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

‘NAWAITUL GHUSLALIROF’IL HADATSIL FARDONB LILLAAHI TA’AALAA”
Artinya: “Aku berniat mandi untuk menghilangkan hadats besar, fardhu karena Allah Taala”

Umat Muslim disarankan untuk membersihkan diri dengan melakukan mandi wajib terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk membersihkan diri dari najis-najis yang menempel di tubuh. Tujuan dari mandi wajib ini adalah untuk membersihkan dan menyucikan diri.

Umat Muslim disarankan untuk membersihkan diri dengan cara mandi keramas sambil membaca niat doa keramas puasa Ramadan. Namun beberapa pemuka agama mengatakan, yang terpenting dalam menyambut bulan suci Ramadan adalah tidak hanya sekedar membersihkan diri dengan mandi dan keramas. Melainkan yang utama ialah membersihkan hati, menahan diri dalam segala hal, dan jangan sampai saat puasa masih memiliki penyakit ini.

Niat & Doa Buka Puasa Ramadhan

Setelah mengetahui niat mandi wajib puasa Ramadhan, tidak kalah penting juga untuk mengetahui niat menunaikan puasa Ramadhan. Berikut adalah bacaan niat puasa Ramadhan yang perlu ketahui

Nawaitu shauma ghodin’an adaa’i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya : “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta’ala”.

Doa buka puasa

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih”.

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: