Ragam  

Mengenal Sukses Menurut Isalm dan Ciri Orang Sukses Menurut Islam Berdasarkan Ayat Al-Quran

Paslen.com – Kita mengenali bahwa sukses adalah segala sesuatu yang kita inginkan didunia ini terwujud, mempunyai uang banyak, memiliki pekerjaan yang tetap, memiliki rumah yang besar dan lain lainnya yang berkaitan dengan kehidupan dimuka bumi. Jika itu tujuan sukses memanglah tak apa apa jika kamu ingin menggapai satu persatu. Mengenal sukses menurut islam yang mengajarkan tentang sukses itu adalah sesuatu hal kebaikan dan yang terwujud dan khususnya mempunyai manfaat pada hal yang kita lakukan, segala sesuatu yang kita lakukan akan bernilai baik dimata allah swt, dan berbuat baiklah karna allah bukan untuk dilihat oleh orang lain 🙂

Jika kita hanya fokus terhadap kesuksesan dunia, apakah kamu berfikir akankah aku bisa sukses dengan kesuksesan akhirat? sebagai manuisa terkadang suka lupa dengan akhirat karena adanya kenikmatan kenikmatan dunia yang membuat lupa akhirat, semoga kita dijauhkan dari nikmat dunia yang membuat lupa akhirat, semoga kita bisa sukses dunia dan akhirat. dunia sementara sementara akhirat selama lamanya terus ngapain kita berlomba lomba mengejar dunia dan meninggalkan akhirat, ayo kita kejar dunia seolah olah kita akan hidup selama lamanya dan ingat kejarlah akhirat seakan akan kita akan mati esok.

Disalin dari kumparan.com Lantas, bagaimana sukses menurut Islam sebagaimana disampaikan dalam Al-Quran dan hadis?
Islam sebagai agama rahmatan lil alamin telah mengatur seluruh kehidupan manusia, salah satunya mengenai kesuksesan hidup manusia. Manusia yang sukses dalam Islam tidak hanya diukur oleh harta dan posisi atau jabatannya di suatu perusahaan, melainkan ada standar lain yang Allah SWT berikan. Berikut adalah sukses menurut Islam sebagaimana disampaikan dalam Al-Quran dan hadis.

Mengenal Sukses Menurut Isalm

Tidak ada manusia yang tidak ingin sukses dalam hal materi maupun non materi. Namun, tidak semua kesuksesan dinilai sebagai materi berlebih dan hidup yang bergelimang harta. Lalu, definisi sukses menurut agama Islam seperti apa?

Sukses karena bermanfaat

Islam mengajarkan umatnya untuk bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Inilah mengapa memberikan manfaat pada manusia lain adalah kebutuhan karena kita akan merasakan kebermaknaan dari apa yang kita lakukan untuk orang lain.
“Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang memberikan manfaatnya pada orang lain.” (HR Bukhari)
Memberikan manfaat kepada orang lain bisa dalam hal kebutuhan, seerti memberikan bantuan sosial kepada yang kurang mampu.

Baca Juga: Doa Sukses Dalam Karir di Usia Muda

Sukses karena membangun masyarakat

Dalam hal ini, Allah SWT menciptakan manusia untuk menjadi seorang pemimpin di muka bumi. Ini telah disampaikan di dalam QS. al-Baqarah ayat 30 yang artinya:

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”.”

Sebelum menjadi pemimpin, tentu kamu harus mempunyai bekal ilmu pengetahuan untuk menjalan misi menjadi Khalifah di muka bumi. Kemudian, kamu juga perlu mengoptimalkan potensi melalui karir sebagai sarana kita menjalankan misi hidup tersebut. Tentu saja ukuran sukses yang dimaksud bukan saat kita berhasil mencapainya, melainkan atas apa yang kita bangun, kembangkan, dan selesaikan.

Sukses di akhirat

Semua yang telah dicapai selama di dunia, bukanlah apa-apa karena semua itu hanya sementara. Jelas saja, itu bukanlah sukses yang sebenarnya. Keselamatan akhirat lah yang menjadi kunci utama kesuksesan kita melalui bekal-bekal amalan kebaikan selama di dunia. Allah SWT berfirman dalam QS. al-An’am ayat 32 yang artinya:

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?”

Ciri Orang Sukses Menurut Islam Berdasarkan Ayat Al-Quran

Ajaran Islam mempunyai kriteria sendiri tentang ciri orang sukses. Islam menggambarkan orang sukses sebagai orang yang memperoleh keberuntungan atau disebut dengan Al Muflihun.
Mereka yang beruntung adalah orang yang menjadi hamba Allah yang baik. Mereka akan selalu mengisi waktunya dengan ibadah dan senantiasa berusaha mendapatkan ridha serta kasih sayang dari Allah.
Selain hal di atas, Alquran juga menjelaskan mengenai ciri-ciri orang sukses di mata Allah.

Mengutip buku Doa-doa Sukses for Teens karangan Aep Kusnawan Ash-Shiddieq, berikut ciri orang sukses menurut Islam berdasarkan ayat-ayat Alquran:

Cerdas

Cerdas menjadi salah satu ciri orang sukses menurut Islam. Orang cerdas akan mengetahui apa yang harus dikerjakan dalam hidupnya.

Orang yang cerdas hanya akan melakukan kebaikan dan menjauhi segala kemungkaran. Seperti dijelaskan dalam surat Al Imran ayat 104 yang berbunyi:

وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya: Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Baca Juga: Amalan Doa Untuk Anak Agar Sukses Dunia Akhirat

Orang yang Menaati Allah dan Mengikuti Rasulullah

Hanya dengan menaati Allah dan meneladani Rasulullah, hidup seseorang akan sukses dan selamat di dunia maupun di akhirat. Sebagaimana dijelaskan dalam Alquran surat An Nur ayat 51 yang berbunyi:

اِنَّمَا كَانَ قَوْلَ الْمُؤْمِنِيْنَ اِذَا دُعُوْٓا اِلَى اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ اَنْ يَّقُوْلُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَاۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya: Hanya ucapan orang-orang mukmin, yang apabila mereka diajak kepada Allah dan Rasul-Nya agar Rasul memutuskan (perkara) di antara mereka, mereka berkata, “Kami mendengar, dan kami taat.” Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Memiliki karakter disiplin

Disiplin merupakan salah satu ciri orang sukses menurut Islam. Orang yang sukses akan selalu disiplin dalam beribadah dan menjalankan segala perintah-Nya. Orang yang disiplin dalam sholatnya akan mendapatkan kebahagiaan dan keuntungan dari Allah SWT. Sebaliknya, orang yang tidak disiplin akan mendapat kerugian dan murka Allah di akhirat kelak.
Untuk itu, umat Muslim yang ingin sukses di mata Allah harus melaksanakan sholatnya secara tepat waktu. Karena sesungguhnya, orang yang senantiasa menjaga sholatnya adalah orang-orang yang mendapat kemenangan. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Mukminun ayat 1-3:

قَدْ اَفْلَحَ الْمُؤْمِنُوْنَ ۙ الَّذِيْنَ هُمْ فِيْ صَلٰو تِهِمْ خَاشِعُوْنَ وَالَّذِيْنَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُوْنَ

Artinya: Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyuk dalam salatnya, dan orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna.

Baca Juga : Kata-kata Motivasi Sukses untuk Mengawali Langkah Kehidupan

Selalu peduli terhadap sesama

Orang yang selalu peduli kepada orang lain termasuk golongan orang yang beruntung di sisi Allah. Orang mukmin yang sukses akan selalu peduli terhadap kerabat dan orang-orang di sekitarnya. Mereka akan selalu ingat memberikan hak-hak orang lain dengan cara membayar zakat dan rajin bersedekah.
Hal tersebut dijelaskan dalam surat Ar Rum ayat 38 yang berbunyi:

فَاٰتِ ذَا الْقُرْبٰى حَقَّهٗ وَالْمِسْكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ لِّلَّذِيْنَ يُرِيْدُوْنَ وَجْهَ اللّٰهِ ۖوَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya: Maka berikanlah haknya kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang-orang yang dalam perjalanan. Itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang mencari keridaan Allah. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Baca Juga : Kata Kata Bijak Untuk Diri Sendiri Agar Lebih Baik Semangat dan Sukses

Memiliki sifat tanggung jawab yang tinggi

Surga adalah tempat bagi mereka yang memelihara amanah dan janjinya kepada Allah. Orang yang bertanggung jawab akan menjadi orang yang mulia di sisi Allah. Sebagaimana dijelaskan dalam surat Al Ma’arij ayat 32-35:


وَالَّذِيْنَ هُمْ لِاَمٰنٰتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُوْنَۖ وَالَّذِيْنَ هُمْ بِشَهٰدٰتِهِمْ قَاۤىِٕمُوْنَۖ وَالَّذِيْنَ هُمْ عَلٰى صَلَاتِهِمْ يُحَافِظُوْنَۖ اُولٰۤىِٕكَ فِيْ جَنّٰ مُّكْرَمُوْنَ ۗ ࣖ

Artinya: Dan orang-orang yang memelihara amanat dan janjinya, dan orang-orang yang berpegang teguh pada kesaksiannya, dan orang-orang yang memelihara salatnya. Mereka itu dimuliakan di dalam surga.

Selain penjelasan di atas, berikut ciri orang sukses menurut Islam berdasarkan buku Ngefriend Sama Islam terbitan Mizan:

  • Memiliki motivasi yang kuat;
  • Memiliki komitmen;
  • Suka bekerja keras;
  • Selalu memiliki keyakinan positif;
  • Tidak iri dan dengki terhadap rezeki orang lain;
  • Selalu tekun dalam sesuatu hal;
  • Selalu ingin belajar setiap waktu;

Intinya, kesuksesan itu bukan hanya dilihat oleh mata manusia, melainkan dalam penilaian Allah SWT. Semoga Bermanfaat 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: