Ragam  

7 Hal Yang Bisa Kamu Tiru Dari Nabi Muhammad Saw Dalam Hal Berbisnis

Avatar

Paslen.com – Hai pasleners Dari sejak muda Nabi muhammad saw telah belajar menjadi sorang pedagang ke berbagai kawasan arabia. Karena akhlak dan perilaku beliau, Rasullulah saw selalu memberikan kontribusi yang baik dalam bisnis dagang. Terkait hal ini, ada beberapa pelajaran bisnis dari naabi muhammad yang bisa kamu pelajari dan tiru.

Rasulullah Saw merupakan seorang pebisnis yang berhasil pada masanya. Sedari kecil sudah gemar berwirausaha dan berbisnis. Oleh sebab itu banyak hal yang patut dicontoh dari beliau. Berikut 7 Hal Yang Bisa Kamu Tiru Dari Nabi Muhammad Saw Dalam Hal Berbisnis

  1. Jujur ketika berbisnis
    Rasulullah dikenal jujur ketika menjajakan dagangannya. Apabila ada barang yang berkualitas buruk, beliau tidak akan menipu pembeli hanya demi meraup keuntungan. Di era modern ini, Anda bisa mencontoh perilaku ini dengan jujur ketika menawarkan barang atau jasa kepada klien. Kejujuran dan integritas adalah kunci agar anda bisa dipercaya orang lain. Ini sangatlah penting demi kesuksesan bisnis.
  2. Disiplin diri
    Ketika suatu ketika suku Quraisy berdebat mengenai siapa yang menempatkan Hajar Aswad pertama, diputuskan bahwa orang yang datang pertama kalilah yang akan menempatkan Hajar Aswad. Nabi Muhammad SAW yang disiplin dalam apa yang dilakukannya ternyata datang awal. Beliau kemudian menyarankan semua suku berkontribusi dalam peletakan Hajar Aswad. Sebagai pemimpin suatu usaha, Anda bisa menerapkan sikap disiplin diri terhadap pekerjaan. Dengan begitu, kesan terhadap Anda dari karyawan maupun rekan bisnis akan baik pula.3. Dedikasi yang tinggi
    Nabi Muhammad yang mendapatkan firman Allah untuk menyebarkan agama Islam melakukan tugas tersebut seberapapun kesulitan yang dihadapi. Hal ini bisa Anda aplikasikan ketika menjalankan usaha atau bisnis. Walaupun mendapat hambatan berupa iming-iming atau lainnya, sebagai pebisnis yang baik, Anda harus memiliki dedikasi yang tinggi terhadap tugas pekerjaan, untuk menyelesaikannya dan memberikan yang terbaik.
  3. Pendekatan personal
    Rasulullah dikenal dekat dengan semua pengikutnya. Beliau menjalin hubungan yang baik dengan masing-masing pengikutnya. Pelajaran bisnis dari nabi Muhammad ini bisa Anda terapkan ketika membuka suatu bisnis. Bagaimanapun, komunikasi yang baik dengan karyawan juga memiliki kontribusi penting dalam memajukan suatu bisnis usaha.

    Baca Juga : Pilihan Investasi Untuk Anak Muda Yang Menguntungkan
  4. Suri tauladan yang baik
    Para sahabat nabi Muhammad SAW menjadi pengikut yang sangat meneladani kepemimpinan beliau. Hal ini salah satunya karena apa yang diajarkan oleh Rasulullah tidak hanya disampaikan secara lisan, melainkan juga melalui tindakan. Dari akhlak dan perilaku yang baik dalam keseharian, Rasulullah mendapat julukan suri tauladan yang baik.6. Sederhana dan tidak terobsesi dengan hal-hal duniawi
    Muslim diajarkan untuk hidup sederhana dan tidak terobsesi dengan hal-hal duniawi yang fana. Kesederhanaan Rasulullah tercermin dalam cara beliau berpakaian, makan, dan sebagainya. Walaupun bisnis merupakan usaha yang berkaitan dengan materi duniawi, Anda harus ingat bahwa bisnis harus dilandasi dengan tujuan mulia. Seperti halnya Rasulullah yang berdagang untuk mencukupi kebutuhan hidup, Anda yang berbisnis perlu ingat bahwa bisnis bukanlah untuk mengumpulkan pundi-pundi uang.

    Baca Juga : 21 Hal Yang Harus Di Bangun Ketika Muda
  5. Memanfaatkan peluang untuk sesuatu yang baik
    Setelah terjadi perang Badar, tawanan perang dapat memperoleh kebebasan apabila membayar tebusan. Namun, Rasulullah memperbolehkan mereka bebas apabila dapat mengajarkan sejumlah muslim agar dapat membawa dan menulis. Inti dari pelajaran ini juga bisa Anda terapkan dalam berbisnis. Anda bisa memberikan sanksi yang bermanfaat apabila ada karyawan yang melanggar suatu aturan.Sederhana dan tidak terobsesi dengan hal-hal duniawi.Sederhana dan tidak terobsesi dengan hal-hal duniawi.
  6. Muslim diajarkan untuk hidup sederhana dan tidak terobsesi dengan hal-hal duniawi yang fana. Kesederhanaan Rasulullah tercermin dalam cara beliau berpakaian, makan, dan sebagainya. Walaupun bisnis merupakan usaha yang berkaitan dengan materi duniawi, Anda harus ingat bahwa bisnis harus dilandasi dengan tujuan mulia. Seperti halnya Rasulullah yang berdagang untuk mencukupi kebutuhan hidup, Anda yang berbisnis perlu ingat bahwa bisnis bukanlah untuk mengumpulkan pundi-pundi uang.

    Baca Juga : 7 Rekomendasi Buku Bisnis Untuk Pengusaha Pemula
  7. Memanfaatkan peluang untuk sesuatu yang baik
    Setelah terjadi perang Badar, tawanan perang dapat memperoleh kebebasan apabila membayar tebusan. Namun, Rasulullah memperbolehkan mereka bebas apabila dapat mengajarkan sejumlah muslim agar dapat membawa dan menulis. Inti dari pelajaran ini juga bisa Anda terapkan dalam berbisnis. Anda bisa memberikan sanksi yang bermanfaat apabila ada karyawan yang melanggar suatu aturan.

diatas 7 Hal Yang Bisa Kamu Tiru Dari Nabi Muhammad Saw Dalam Hal Berbisnis yang bisa kamu lakukan dalam berbisnis, dan semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: