Cara Menghilangkan jerawat Dengan Cepat dalam 1 Hari Menggunakan Es Batu

  • Share

Paslen.com– Hai pasleners kembali lagi nih membahas jerawat, jerawat oh jerawat kenapa kamu selalu muncul ketika aku sudah beraktifitas sepanjang hari. padahal aku selalu membersihkan muka aku ketika minyak dimuka aku berlebihan tapi pas cuci muka terasa jerawat yang tumbuh baru saja hadir dengan rasa mules dan mules.

Jerawat adalah penyakit peradangan kronis dari kelenjar pilosebasea yang ditandai dengan adanya komedo, papul, kista, dan pustula. Selain wajah, jerawat dapat tumbuh atau timbul di bagian tubuh lain, seperti bahu, lengan atas, dada, hingga punggung. Ketika muncul di wajah, jerawat kerap kali tak hanya bisa menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman, tapi juga dapat menciutkan rasa percaya diri.

Pada penanganan yang salah, jerawat bahkan bisa membuat wajah menjadi kusam dan bahkan diwarnai noda hitam, termasuk bopeng-bopeng. Perawatan jerawat secara konvensional bisa dilakukan, tapi terkadang mahal dan seringkali memiliki efek samping yang tidak diinginkan, seperti kulit kering, kemerahan, dan iritasi. Hal itu pun telah mendorong banyak orang untuk mencari cara mengobati jerawat secara alami.

Dan berbagai obat dan berbagai cara alami aku sudah lakukan sesabar mungkin dan serutin mungkin , tapi jerawat yang ada di wajahku ini malahan semakin memburuk, setiap malam aku selalu kompres dengan es batu agar mules mules yang ada diwajhku tidak terlalu terasa.

Inilah Cara Menghilangkan jerawat Dengan Cepat dalam 1 Hari Menggunakan Es Batu

Beberapa orang memiliki masalah jerawat. Oleh karenanya berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Salah satunya adalah dengan menggunakan es batu. Penggunaan es batu selama ini dipercaya sebagian orang sebagai metode alami menghilangkan jerawat. Caranya pun cukup sederhana. Cukup dengan mengompres bagian kulit berjerawat dengan es batu.

Manfaat Es Batu untuk Jerawat

Manfaat es batu untuk jerawat dikaitkan dengan sifat antiperadangan yang dimilikinya. Es batu dapat mengurangi pembengkakan pada jerawat yang meradang sehingga bisa mengempeskan jerawat. Secara teori, berkurangnya ukuran jerawat secara bertahap lama-kelamaan akan membuat masalah kulit ini menghilang sepenuhnya.

Mengompres jerawat dengan es batu dapat mendorong kotoran naik ke permukaan kulit. Akan tetapi, tidak boleh memencet jerawat dalam melakukan pengompresan ini. Sebab, memencet jerawat malah akan membuat kotoran yang naik menyebar dan bisa meninggalkan jaringan parut yang sulit dihilangkan.

Es batu juga berpotensi mengurangi kemerahan yang membuat jerawat tidak terlalu tampak. Metode ini bahkan mampu meringankan rasa nyeri pada jerawat kistik dan nodular karena efek mati rasa yang diciptakannya untuk sementara. Akan tetapi, tak ada penelitian yang menunjukkan bahwa es batu efektif untuk mengobati jerawat.

Disisi lain, es batu dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat, kompres hangat ternyata juga bekerja dengan baik pada jerawat yang tak meradang. Jerawat ini merupakan benjolan nyeri di bawah kulit yang tak memiliki nanah putih di atasnya.

Cara Mengaplikasikan Es Batu untuk Jerawat

Mengompres es batu pada jerawat tampak mudah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun dan air hangat sebelum melakukannya.
  • Bungkus es batu dengan kain atau handuk sehingga menjadi kompres es.
  • Letakkan pada jerawat selama kurang lebih satu menit setelah membersihkan wajah di pagi dan malam hari.
  • Hindari meletakkan es secara langsung pada kulit karena dapat memicu urtikaria dingin. Kondisi ini ditandai dengan gatal-gatal, ruam, bentol, atau pembengkakan. Reaksi kulit tersebut biasanya muncul setelah 2-5 menit terkena paparan dingin.

Mengompres es batu hanya boleh dioleskan pada kulit dalam waktu singkat untuk mencegah terjadinya radang dingin. Meski radang dingin lebih sering terjadi akibat berada di luar ruangan bersuhu ekstrem, kondisi tersebut juga bisa terjadi saat menggunakan kompres dingin atau es batu pada kulit dalam jangka waktu yang panjang.

Pada saat jerawat tengah meradang, maka perawatan dengan es batu dapat dilakukan beberapa kali. Namun, pastikan ada jeda lima menit setiap kali menempelkan es batu pada jerawat. Hal ini dilakukan guna membantu mencegah kerusakan kulit. Terkadang, kompres es batu juga dapat bekerja dengan baik untuk mengobati jerawat apabila digunakan bersama dengan kompres hangat. Gunakan kompres hangat terlebih dahulu untuk membantu menghilangkan kotoran yang terperangkap di pori-pori. Setelah mengompresnya selama 5-10 menit, lanjutkanlah dengan kompres es batu selama 1 menit untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan. Ulangi proses ini setiap hari hingga jerawat menghilang. Jangan sampai melakukan perawatan dengan es terlebih dahulu yang diikuti dengan kompres hangat karena bisa merusak kulit.

Jika saat penggunaan es batu pada jerawat timbul kemerahan yang meluas pada kulit, bengkak, lepuhan, mati rasa untuk waktu yang lama, atau berubahnya warna kulit, segera hentikan pemakaian kompres tersebut dan berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: