Inilah Makanan dan Minuman Penambah Imun Tubuh

  • Share

Paslen.com – Hai pasleners gimana kabarnya ? semoga dimana pun kalian berada selalu sehat yah, akhir akhir ini pandemi kembali merenggut aktivitas pekerjaan kita, dan ada juga yang masih berjuang di jalanan dan dipasar untuk mencari pemasukan untuk kehidupan. Agar imun tubuh kita kuat harus memakan makan makanan yang sehat bergizi, olahraga dan minum air putih yang cukup. Ingat sahabat pasleners makanan yang bergizi juga kita mengkonsumsinya secukupnya dan jangan terlalu banyak karna yang berlebihan itu tidak baik yah.

Ada beberapa makanan dan minuman untuk menjaga imun tubuh kamu yah, akan tetapi harus di barengi dengan olahraga dan beberapa kegiatan yang membuat kamu senang , pokonya jangan sampai kamu terlalu hawatir dengan keadaan pandemi. harus tetap senang dan jaga protokol kesehatan, dan dekatkan kamu dengan tuhanmu. semoga dengan ikhtiar kita memakan makanan yang bergizi ini bisa menambah imun tubuh kita yah.

Inilah Makanan dan Minuman Penambah Imun Tubuh

Pasleners untuk menjaga imun tubuh selain olahraga dan mendekatkan diri kepada tuhan, kita juga harus mejaga pola makan yah, usahakan untuk makan makanan yang bergizi, dan miuman yang memiliki vitamin untuk kebutuhan tubuh kita , inilah makanan dan minuman penambah imun tubuh.

Vanza Lemon

Vanza lemon adalah minuman yang dibuat oleh Teaching Factory Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura SMKN 1 PANJALU di saat pandemi dan dijamin aman, halal tanpa bahan pengawet sedikitpun. Karena bahannya sendiri terdiri dari sari buah lemon, gula, garam dan air. Lemon merupakan salah satu buah yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang asam membuat lemon jarang dikonsumsi langsung, sehingga sering dicampur dengan makanan atau minuman lain, seperti salad atau teh hangat, untuk memberikan cita rasa yang segar.

Salah satu manfaat utama lemon adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Kandungan Nutrisi Dalam Lemon Di dalam 100 gram lemon, terkandung sekitar 29 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Gula
  • Serat
  • Kalium
  • Kalsium
  • Berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C.
  • Selain itu, lemon juga mengandung fosfor, magnesium, zinc, dan berbagai jenis antioksidan, seperti hesperidin, diosmin, dan eriocitrin.

Yoghurt

Manfaat minum yoghurt selama ini dikenal sebagai pelancar saluran pencernaan. Namun, bukan hanya itu manfaat yoghurt untuk kesehatan. Makanan probiotik dari susu segar yang difermentasi ini memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Menguatkan sistem imun,Manfaat minum yoghurt secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan dan mengurangi kemungkinan tubuh tertular penyakit. Probiotik telah terbukti mengurangi peradangan, yang terkait dengan beberapa kondisi kesehatan mulai dari infeksi virus hingga gangguan usus.

Penelitian menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus, manfaat yoghurt untuk kesehatan juga dapat membantu mengurangi tingkat keparahan flu. Selain itu, sifat peningkat kekebalan dari manfaat yoghurt sebagian karena kandungan magnesium, selenium dan sengnya, yang merupakan mineral yang dikenal karena perannya dalam kesehatan sistem kekebalan. Yoghurt yang diperkaya vitamin D dapat meningkatkan kesehatan kekebalan lebih jauh.

Kunyit

Kunyit dikenal sebagai bumbu dapur. Meski begitu, manfaat kunyit tak hanya untuk melezatkan masakan, tetapi juga baik untuk kesehatan, seperti mencegah kanker dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, masih ada banyak manfaat kunyit untuk kesehatan.

Kurkumin, senyawa yang memberi warna khas pada kunyit adalah agen yang sangat manjur untuk membantu penyembuhan luka dan infeksi. Senyawa tersebut membantu mengurangi kerusakan otot akibat berolahraga. Berdasarkan temuan dari penelitian pada hewan, kurkumin dapat memperkuat kekebalan tubuh dan memiliki sifat antivirus. Namun, hal itu masih memerlukan lebih banyak penelitian.

Kandungan Nutrisi Kunyit Di dalam 100 gram kunyit, terkandung beragam nutrisi berikut ini:

  • 10 gram protein
  • 168 miligram kalsium
  • 208 miligram magnesium
  • 299 miligram fosfor
  • 2 gram kalium
  • 1 miligram vitamin C
  • 55 miligram zat besi


Selain beberapa nutrisi di atas, kunyit juga mengandung senyawa yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Bawang Putih

Bawang putih memang menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan. Namun, konsumsi bawang putih secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping. Musim penghujan telah tiba, pilek jadi salah satu penyakit yang kerab menyerang. Melansir dari buku berjudul Khasiat & Manfaat Madu Herbal, karya dr. Adji Suranto, SpA, bawang putih yang dicampur madu efektif mengobati pilek.

Untuk merasakan manfaatnya Anda cukup haluskan tiga sampai empat siung bawang putih. Anda haluskan sampai halus lalu tambahkan madu 450 gram secara sedikit demi sedikit.

Buah-buahan Asam

Ternyata buah-buahan memiliki banyak nutrisi yang terkandung didalamnya, seperti serat, mineral, vitamin, karbohidrat, kalsium dll. Tak terkecuali buah-buahan yang memilki rasa asam, ternyata dari berbagai nutrisi yang dikandungnya memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Vitamin C bisa ditemukan pada hampir semua buah-buahan asam, seperti jeruk, jeruk nipis, jeruk lemon, dan grapefruit. Namun, karena tubuh tidak bisa memproduksi atau menyimpannya, kamu perlu mengonsumsi vitamin C setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Jumlah harian yang direkomendasikan untuk wanita dewasa adalah 75 miligram, dan 90 miligram untuk pria dewasa.

Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari umumnya dijadikan kuaci, dan camilan ini cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Meski memiliki ukuran yang kecil, biji bunga matahari menyimpan banyak manfaat kesehatan, lho. Biji bunga matahari berasal dari tumbuhan bunga matahari (Helianthus annuus). Daging biji yang diselimuti oleh cangkang berwarna hitam bergaris putih ini memiliki cita rasa yang gurih dan bertekstur renyah.

Biji bunga matahari juga mengandung selenium yang sangat tinggi. Berbagai penelitian yang kebanyakan dilakukan pada hewan, menemukan bahwa nutrisi tersebut bisa melawan infeksi virus, seperti flu babi (H1N1).

Kerang

Ada beberapa jenis kerang yang banyak tersedia di Indonesia. Jenis kerang yang banyak ditemui di antaranya adalah kerang dara dan kerang hijau. Keduanya sama-sama bernutrisi selama Anda memilih kerang yang segar.

Membantu menjaga sistem imun Ternyata, kerang juga punya kandungan zinc di dalamnya. Mineral ini sangat penting untuk mengembangkan sel yang membentuk sistem kekebalan tubuh Anda. Zinc dapat bertindak sebagai antioksidan yang melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat peradangan. Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung zinc juga bisa membantu proses penyembuhan luka.

Nah, itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi untuk menambah imun, semoga bermanfaat dan semoga kamu selalu dalam keadaan sehat yah teman teman.***

Baca Juga : Makanan Yang Pas Banget Sama Bulan Ramadan

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *