Inilah Manfaat Daun Sirih dan Cara Mengobati Jerawat Dengan Daun Sirih

  • Share

Paslen.com – Hai pasleners yang sedang merjuang melawan jerawat yang memang tak kunjung sembuh, sabar yah pasleners tetep semangat dan jangan pantang menyerah, memang pada saat masa pengobatan jerawat kita diharuskan dengan tingkat kesabaran yang lebih ya. tahu nggak ternyata daun sirih banyak manfaat nya untuk jerawat dan beginilah cara mengobati jerawat dengan dauh sirih!

Apakah aman mengobati jerawat dengan daun sirih? Jerawat yang membandel juga sering meninggalkan bekas. Nah, Anda bisa memakai daun sirih untuk membantu menghilangkan bekas jerawat tersebut. Caranya, rendam handuk pada campuran air daun sirih dan jeruk nipis, lalu kompres wajah dengan rendaman tersebut.

Sifat antijamur dan antibakteri di dalam daun sirih efektif untuk mencegah munculnya jerawat pada wajah, dada, dan punggung. Sementara minyak esensial di dalamnya akan membantu mendinginkan kulit dan menenangkan jerawat yang membengkak. Gunakan daun sirih yang sudah diseduh dengan air panas sebagai masker.

Daun sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang merambat pada batang pohon lain dan memiliki aroma yang khas. Daun sirih dimanfaatkan sebagai antisariawan, antibatuk, astringent, dan antiseptik. Mengutip dari Wikipedia, daun sirih mengandung minyak atsiri, seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak dan kavikol. Sederet zat tersebut memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, serta anti jamur.

Daun sirih, baik yang berwarna hijau, merah maupun kuning, memiliki sifat antiseptik yang kaya akan polifenol. Selain itu, ada pula kandungan chavicol yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari serangan bakteri penyebab jerawat.
Tak hanya itu, daun sirih juga mengeluarkan minyak esensial alami yang dipercaya dapat mengeringkan jerawat meradang para area wajah, punggung, leher atau dada.

Baca Juga : Cara Mengatasi Jerawat Yang Meradang Dengan Tepat

Manfaat Daun Sirih Untuk Mengobati Jerawat

  1. Memudarkan flek hitam

Daun sirih dipercaya dapat memudarkan flek hitam. Hal ini disebabkan adanya kandungan senyawa dari daun sirih yang dapat meratakan warna kulit.

  1. Mencegah komedo

Manfaat daun sirih lainnya yaitu dapat mencegah munculnya komedo. Jika anda memiliki masalah wajah komedo, cara ini bisa anda coba. Rebus daun sirih. Lalu, dinginkan air rebusan tersebut, gunakan handuk bersih dan rebusan daun sirih yang dingin untuk membasuh wajah anda. Hasilnya komedo akan keluar dengan sendirinya tanpa harus anda pencet komedo dengan tangan.

  1. Menyembuhkan jerawat yang meradang

Melansir dari nose.co.id, Daun sirih dapat menyembuhkan jerawat yang meradang. Terdapat kandungan senyawa anti-inflamasi, yang dapat meredakan, mengempiskan, dan menyembuhkan peradangan pada jerawat. Selain itu, Daun sirih juga mengandung minyak esensial, dimana minyak esensial tersebut akan membantu mendinginkan kulit dan menenangkan jerawat yang membengkak.

Namun, untuk tipe wajah sensitif disarankan untuk tidak menggunakan daun sirih dalam pengobatan ini karena pH yang terkandung berbeda.Caranya, haluskan daun sirih, lalu oleskan secara merata pada bagian jerawat yang meradang.

  1. Mengecilkan pori-pori wajah

Senyawa antiseptik yang terkandung pada daun sirih, dapat membuat pori-pori wajah mengecil.

  1. Mengobati gatal pada kulit

Air rebusan daun sirih bisa menyembuhkan sekaligus meredakan ruam dan gatal pada wajah. Caranya rebus daun sirih dan diamkan air rebusan daun sirih selama satu hari. Lalu gunakan untuk membasuh wajah di pagi hari.

  1. Mengeringkan luka pada wajah

Kandungan senyawa yang dimiliki daun sirih seperti anti-inflamasi dan antibiotik dapat juga mengeringkan luka yang diakibatkan jerawat yang dipencet sembarangan, tergores dan sebagainya.

  1. Mencerahkan wajah yang kusam

Air rebusan daun sirih yang masih muda mampu membantu mencerahkan wajah yang kusam secara alami. Caranya, cuci muka dengan air rebusan daun sirih secara teratur kurang lebih selama 1 bulan dan lihat hasilnya.

Baca Juga: Beginilah Cara Mengatasi Jerawat Agar Tidak Mucul Lagi

Bagaimana cara kerjanya? Berikut cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami daun sirih.

  1. Ambil beberapa helai daun sirih kemudian rebus.
  2. Gunakan handuk kecil yang bersih, celupkan ke dalam rebusan air daun sirih dan usapkan pada area wajah atau bagian tubuh lain yang berjerawat.
  3. Anda pun bisa menggunakan air rebusan daun sirih untuk mencuci muka.
  4. Daun sirih yang sudah direbus juga bisa dimanfaatkan untuk mengompres area wajah yang berjerawat.
  5. Lakukan cara ini dengan rutin, dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk mengempeskan jerawat.

Selain itu, Anda pun bisa membuat masker wajah dari daun sirih. Begini caranya:

  1. Ambil 8 hingga 10 lembar daun sirih, tumbuk halus hingga menjadi pasta. Tambahkan sedikit air bila perlu
  2. Oleskan pada wajah yang berjerawat, pastikan wajah dalam keadaan bersih dan bebas makeup3. Diamkan 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat
  3. Bilas kembali seluruh wajah dengan air dingin dan keringkan dengan handuk lembut.

Baca Juga : Cara Mengobati dan Menghilangkan Jerawat Batu

Diatas adalah manfaat mengobati wajah menggunakan daun sirih, dan cara mengobati dan pengolahaan daun sirih untuk di aplikasikan wajah yang mempunyai masalah dengan jerawat.*** semoga bermanfaat 🙂

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *